%A Safni Anggraini Isna %T PROSES PENCIPTAAN TARI SEMBAH RAGOM GAWI DI SANGGAR GALUH PARWATI KABUPATEN PESAWARAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penciptaan tari Sembah Ragom Gawi di sanggar Galuh Parwati Kabupaten Pesawaran. Menurut koreografer yaitu Eris Aprilia, S. Sn., terdapat metode dalam melaksanakan proses penciptaan tari yaitu dengan menggunakan metode konstruksi I, II, III, IV, dan V yang dikemukakan oleh Jacqueline Smith pada tahun 1985. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penciptaan tari Sembah Ragom Gawi menggunakan metode konstruksi yang dikemukakan oleh Jacqueline Smith yaitu: Konstruksi I melalui tahap rangsang auditif, visual, kinestetik, menentukan tipe tari serta mode penyajian tari. Konstruksi II dengan menentukan motif, jenis motif, desain tari dari segi waktu, desain tari dari segi ruang, motif menuju komposisi. Konstruksi III melalui tahap kelompok sebagai elemen ekspresif, motif pengembangan dan variasi, aspek waktu, aspek ruang. Konstruksi IV melalui tahapan bentuk tari. Konstruksi V tahapan evaluasi. Pada tahapan evaluasi, karya mengalami penambahan gerak baru setelah pementasan pertama. Hal ini terjadi karena adanya proses evaluasi karya yang dilakukan untuk memperbaiki karya tari Sembah Ragom Gawi. Kata kunci: penciptaan tari, metode konstruksi, Sembah Ragom Gawi. The study was intended to describe the process of the creation of Sembah Ragom Gawi Dance at Sanggar Galuh Parwati. According to the choreographer, Eris Aprilia, s.sn. There is methods for carrying out the process of dance creation using construction methods I, II, III, IV, and V proposed by Jacqueline Smith in 1985. The methods used in this research are qualitative with data collection, techniques of observation, interview and documentation. The data analysis techniques used were data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Studies have shown that the process of shaping the Ragom Gawi Dance involves construction methods presented by Jacqueline Smith: Construction I, through the auditory, visual, kinesthetic stage, determining the type of dance and mode of dance presentation. Construction ii, by determining motif, a type of motive, Dance design by the terms of time, a spatial dance design, a motif toward composition. Construction III, through the group stage as an expressive element, motive for development and variation, aspect of time, aspect of space. Construction IV, through the whole form of dance. Construction V is an evaluation steps. At the evaluation steps, the creation developed new moves after the first performance. This is because a work evaluation is being done to improve the approach work of the Sembah Ragom Gawi Dance. Keywords: dance creation, construction method, Sembah Ragom Gawi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints87702