%0 Generic %A REFIKA RAHMA, ESA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87731 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/87731/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Leaning pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest nonequivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi interaksi antar makhluk hidup berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,57 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,34 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 2,3 (keterampilan proses sains) dengan interpretasi efektivitas besar. Hasil perhitungan kemampuan berkomunikasi lisan kelompokeksperimen juga mendapatkan rata-rata 71,6 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 58,7 dengan kategori cukup. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik.