%0 Generic %A Bisma, Pamungkas %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87774 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS MAWAR 2 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/87774/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di gugus mawar 2 Metro Pusat kota Metro. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pendidik kelas 1 dan 4, dan kepala sekolah. di SD Negeri 7, 8, 11 dan 12 Metro Pusat. Fokus penelitian ini adalah kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan planning, organizing, actuating, controlling serta faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di gugus mawar 2 Metro Pusat cukup baik. Pendidik sudah memahami konsep dan struktur Kurikulum Merdeka. Perencanaan pembelajaran yang disiapkan pendidik yaitu berupa modul ajar, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan alat penilaian. Penyampaian materi pada pembelajaran disesuaikan dengan buku pelajaran yang digunakan. Kesiapan pendidik dalam melakukan penilaian sudah cukup baik. Pendidik sudah menerapkan penilaian diagnostik di awal pembelajaran, penilaian formatif di setiap akhir pembelajaran, dan penilaian sumatif untuk penilaian tengah dan akhir semester. This research aims to deeply investigate the readiness of educators in implementing the Merdeka Curriculum in Gugus Mawar 2 Metro Pusat, Metro City. The research method employed is qualitative descriptive. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data sources are teachers from first grade and fourth grade, and the school principal, from Sekolah Dasar Negeri 7, 8, 11, and 12 Metro Pusat. The focus of this research is on the readiness of educators in implementing the Merdeka Curriculum, covering planning, organizing, actuating, controlling, as well as identifying supporting and hindering factors. The research findings indicate that the readiness of educators in implementing the Merdeka Curriculum in Gugus Mawar 2 Metro Pusat is quite good. Educators have a grasp of the concept and structure of the Merdeka Curriculum. Lesson planning by educators includes teaching modules, instructional materials, teaching aids, and assessment tools. The delivery of materials during lessons is tailored to the textbooks used. Educators' readiness in conducting assessments is satisfactory, with diagnostic assessments at the beginning of lessons, formative assessments at the end of each lesson, and summative assessments for mid-term and end-of-semester evaluations. Keywords: Educator Readiness, Independent Curriculum, POAC Kata Kunci: Kesiapan Pendidik, Kurikulum Merdeka, POAC.