%A Dwi Septiyani Nilam %T HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV SDN 1 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dalam pembelajaran IPAS dengan keterampilan komunikasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A yang berjumlah 21 peserta didik dan sampel berjumlah 10 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat hubungan antara keterampilan sosial dalam pembelajaran IPAS dengan keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV SDN 1 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Kata kunci: keterampilan sosial, IPAS, keterampilan komunikasi The problem in this research is the low communication skills of class IV students at SDN 1 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. The aim of this research is to determine the relationship between social skills in science learning and students' communication skills. This type of research is correlational research. The population in this study was all class IV A students, totaling 21 students and a sample of 10 students. The sampling technique is purposive sampling. Data collection techniques use observation and documentation. The data analysis used is product moment correlation. The results of hypothesis testing can be concluded that there is a relationship between social skills in science and science learning and the communication skills of class IV students at SDN 1 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Key words: social skills, science, communication skills %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints87776