@misc{eprints87799, month = {Juli}, title = {IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING}, author = {NADIDAH NADA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87799/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membandingkan peningkatan kemampuan Creative Thinking peserta didik dalam konteks pembelajaran PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking pada topik Global Warming. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pesawaran menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan model PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking dapat meningkatkan kemampuan Creative Thinking peserta didik. Peningkatan ini ditunjukan oleh hasil rata-rata pretest sebesar 37,5 yang meningkat menjadi 80,0 pada posttest setelah implementasi metode tersebut. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-Test dan uji Analysis of Covariance diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000, menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan Creative Thinking peserta didik menggunakan PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking. Uji beda rata-rata N-gain memperkuat temuan ini, antara kelas yang menggunakan PBL berbasis STEM sebesar 0,42 (kategori sedang), berbanding dengan kelas yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata N-gain sebesar 0,24 (kategori rendah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking memiliki peningkatan kemampuan Creative Thinking yang lebih signifikan berbanding dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction dengan metode konvensional pada topik Global Warming. Kata kunci: PBL, STEM, Design Thinking, Creative Thinking } }