?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024071&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+LEARNING+CYCLE+5E+TERHADAP+%0D%0ACRITICAL+THINKING+SKILLS+DAN+SELF-REGULATED+LEARNING+SISWA+%0D%0APADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN+&rft.creator=SALSABILA%2C+SYIFA+NURASIH&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Rendahnya+critical+thinking+skills+dan+self-regulated+learning+siswa+menjadi+tantangan+%0D%0Adalam+proses+pembelajaran.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+%0D%0ALearning+Cycle+5E+terhadap+critical+thinking+skills+dan+self-regulated+learning+siswa+%0D%0Apada+materi+pencemaran+lingkungan+di+SMP+PGRI+1+Bandar+Surabaya+tahun+ajaran+%0D%0A2024%2F2025.+Populasi+pada+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VII+SMP+PGRI+1+%0D%0ABandar+Surabaya.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+A+(eksperimen)+dan+VII+C+%0D%0A(kontrol)+dengan+teknik+pengambilan+sampel+yaitu+sample+random+sampling.+Jenis+data+%0D%0Ayang+digunakan+data+kuantitatif+berupa+critical+thinking+skills+dan+self-regulated+%0D%0Alearning+siswa+dan+data+kualitatif+berupa+angket+tanggapan+siswa.+Pengambilan+data+%0D%0Adiperoleh+melalui++Pretest-posttest+dan+angket+self-regulated+learning.+Hasil+penelitian+%0D%0Amenunjukkan+bahwa+penerapan+model+Learning+Cycle+5E+berpengaruh+secara+%0D%0Asignifikan+dalam+meningkatkan+critical+thinking+skills+dan+self-regulated+learning+%0D%0Asiswa.+Hal+ini+didukung+oleh+hasil+uji+hipotesis+yang+menunjukkan+nilai+signifikansi+%0D%0ASig.+(2-tailed)+0.000+%3C+0.05+untuk+critical+thinking+skills+dan+Sig.+(2-tailed)+0.00+%3C+0.05+%0D%0Auntuk+self-regulated+learning.+Indikator+critical+thinking+skills++yang+mengalami+%0D%0Apeningkatan+tertinggi+adalah+kemampuan+menyimpulkan+(N-gain+0.71).+Sementara+itu%2C+%0D%0Aindikator+self-regulated+learning+yang+meningkat+tertinggi+adalah+strategi+belajar+(N%0D%0Again+0.88).+Uji+effect+size+menunjukkan+koefisien+d+Cohen%E2%80%99s+sebesar+3.27+untuk+critical+%0D%0Athinking+skills+dan+5.06+untuk+self-regulated+learning%2C+keduanya+dalam+kategori+tinggi.+%0D%0AModel+ini+dapat+menjadi+alternatif+strategi+pembelajaran+yang+mendukung+untuk+%0D%0Ameningkatkan+critical+thinking+skills+dan+self-regulated+learning+siswa.+%0D%0AKata+Kunci%3A+Critical+Thinking+Skills%2C+Learning+cycle+5E%2C+Self-Regulated+Learning&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87801%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87801%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87801%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520IV%2520DAN%2520LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++SALSABILA%2C+SYIFA+NURASIH++(2025)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+LEARNING+CYCLE+5E+TERHADAP+CRITICAL+THINKING+SKILLS+DAN+SELF-REGULATED+LEARNING+SISWA+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87801%2F