TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87801 UR - http://digilib.unila.ac.id/87801/ A1 - SALSABILA, SYIFA NURASIH Y1 - 2025/05/07/ N2 - Rendahnya critical thinking skills dan self-regulated learning siswa menjadi tantangan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap critical thinking skills dan self-regulated learning siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP PGRI 1 Bandar Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Surabaya. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A (eksperimen) dan VII C (kontrol) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sample random sampling. Jenis data yang digunakan data kuantitatif berupa critical thinking skills dan self-regulated learning siswa dan data kualitatif berupa angket tanggapan siswa. Pengambilan data diperoleh melalui Pretest-posttest dan angket self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan critical thinking skills dan self-regulated learning siswa. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 untuk critical thinking skills dan Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 untuk self-regulated learning. Indikator critical thinking skills yang mengalami peningkatan tertinggi adalah kemampuan menyimpulkan (N-gain 0.71). Sementara itu, indikator self-regulated learning yang meningkat tertinggi adalah strategi belajar (N gain 0.88). Uji effect size menunjukkan koefisien d Cohen?s sebesar 3.27 untuk critical thinking skills dan 5.06 untuk self-regulated learning, keduanya dalam kategori tinggi. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan critical thinking skills dan self-regulated learning siswa. Kata Kunci: Critical Thinking Skills, Learning cycle 5E, Self-Regulated Learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -