%0 Generic %A Farhah , Bintang %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87827 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS BUDAYA DALAM LINGKUNGAN MULTIKULTURAL (STUDI PADA MAHASISWA PMM DI UNIVERSITAS PADJADJARAN 2024) %U http://digilib.unila.ac.id/87827/ %X Penelitian ini mengkaji proses pembentukan identitas budaya dalam lingkungan multikultural pada mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 di Universitas Padjadjaran tahun 2024. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa membentuk identitas budaya mereka di tengah perbedaan nilai, tradisi, dan latar belakang budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan dan dinamika yang dilalui mahasiswa dalam membangun identitas budaya mereka selama program berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 15 informan mahasiswa PMM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan identitas budaya meliputi tahapan: ketidaksengajaan identitas, pencarian, pencapaian, internalisasi, resistensi, hingga integrasi budaya. Identitas budaya memiliki cakupan yang luas dan relevansi yang tinggi dalam interaksi sosial, terutama dalam situasi keluarga dan komunitas suku. Namun, dalam lingkungan yang lebih luas, identitas ini mungkin kurang menonjol. Mahasiswa yang memiliki kebanggaan terhadap budaya asalnya lebih mampu menegosiasikan identitas mereka di ruang-ruang multikultural. Program PMM berperan penting dalam memperkuat pemahaman mahasiswa tentang keberagaman budaya dan meningkatkan rasa bangga terhadap identitas budaya mereka. Penelitian ini menyarankan agar peneliti selanjutnya mengeksplorasi lebih dalam tentang dinamika identitas budaya dalam konteks yang lebih beragam dan kompleks. Kata Kunci: Identitas Budaya, Lingkungan Multikultural, Mahasiswa PMM, Pertukaran Mahasiswa Merdeka. This study examines the process of forming cultural identity in a multicultural environment in students participating in the Independent Student Exchange Program (PMM) Batch 4 at Padjadjaran University in 2024. The main problem in this study is how students shape their cultural identity in the midst of differences in values, traditions, and cultural backgrounds. The purpose of this study is to analyze the stages and dynamics that students go through in building their cultural identity during the program. This study uses a qualitative approach with a case study method. Data was obtained through in-depth interviews, observations, and documentation of 15 PMM student informants. The results of the study show that the process of forming cultural identity includes stages: identity accident, search, achievement, internalization, resistance, and cultural integration. Cultural identity has a wide scope and high relevance in social interactions, especially in family situations and tribal communities. However, in a broader environment, these identities may be less prominent. Students who are proud of their home culture are better able to negotiate their identity in multicultural spaces. The PMM program plays an important role in strengthening students' understanding of cultural diversity and increasing pride in their cultural identity. This study suggests that researchers should further explore the dynamics of cultural identity in more diverse and complex contexts. Keywords: Cultural Identity, Multicultural Environment, PMM Students, Independent Student Exchange.