%0 Generic %A Laela, Nur Vazriyah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87840 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/87840/ %X Minat belajar dan hasil belajar merupakan dua aspek yang saling terkait dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Minat belajar dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, sementara hasil belajar menjadi indikator keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar, (2) perbedaan antara pengaruh model project based learning dan model problem based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar, (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model project based learning dengan model problem based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, project based learning