%0 Generic %A FAUZAN, AL AZIZ %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87842 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA %U http://digilib.unila.ac.id/87842/ %X Penelitian membahas masalah tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education atau RME terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 43 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis kritis peserta didik kelas IV SD pada mata pelajaran matematika. Besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yakni sebesar 88,5% dengan sisa 11,5% dapat dipengaruhi oleh variabel maupun faktor lain yang tidak masuk ke dalam penelitian. Kata Kunci: realistic mathematics education, rme, berpikir kritis, matematika