%0 Generic %A EVI NURYANTI, 1113022015 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:8785 %I FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU SISWA MENGGUNAKAN MIND MAPPING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH %U http://digilib.unila.ac.id/8785/ %X ABSTRAK Hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa SMA Al-Kautsar membutuhkan buku siswa yang menarik untuk dibaca, melibatkan siswa aktif, dan meningkatkan daya ingat. Oleh sebab itu penelitian pengembangan telah dilakukan di SMA Al-Kautsar. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan suplemen buku siswa yang menggunakan mind mapping berbasis scientific approach. Penelitian dan pengembangan ini memodifikasi prosedur peng¬embang¬an sadiman, dkk terdiri atas tahap uji ahli desain dan uji ahli materi; uji kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan; serta uji keefektifan. Produk akhir berupa suplemen buku siswa menggunakan mind mapping berbasis scientific approach materi hukum II Newton. Kesimpulan pen¬elitian ini dihasilkan suplemen buku siswa menggunakan mind mapping berbasis scientific approach materi hukum II Newton dengan kualitas menarik, memudahkan, sangat bermanfaat dan efektif dalam pembelajaran Kata kunci: hukum II Newton, mind mapping, scientific approach, suplemen buku siswa