title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR creator: NAFISA, KHIRA subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 74 peserta didik, sampel 52 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal uraian dan teknik non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 30,442 > 4,26 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Model discovery learning, pemahaman konsep matematika. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-04-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87854/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87854/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87854/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NAFISA, KHIRA (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87854/