?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113053115&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+LKPD+BERBASIS+PEER+TUTORING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+SD+NEGERI+6+METRO+BARAT&rft.creator=RAFIDO+%2C+AZURI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Masalah+pada+penelitian+ini+adalah+rendahnya+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+pembelajaran+IPAS+kelas+V+Sekolah+Dasar.+Tujuan+penelitian+ini+adalah%3A+(1)+mengetahui+pengaruh+penggunaan+LKPD+berbasis+peer+tutoring+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis%3B+(2)+perbedaan+penerapan+LKPD+berbasis+peer+tutoring+di+kelas+eksperimen+dengan+kelas+non+eksperimen+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis.+Metode+penelitian+ini+adalah+quasi-eksperimen+dengan+desain+penelitian+non-equivalent+control+group.+Populasi+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+SD+Negeri+6+Metro+Barat+dengan+sampel+kelas+VA+sebagai+kelompok+eksperimen+dan+kelas+VB+sebagai+kelompok+kontrol.+Teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+purposive+sampling%2C+total+sampel+40+peserta+didik.+Hasil+analisis+data+menunjukkan%3A+(1)+rerata+nilai+posttest+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kontrol+(2)+adanya+pengaruh+signifikan+LKPD+berbasis+peer+tutoring+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+dengan+Fhitung++%3E+Ftabel%2C+(uji+regresi+linier+sederhana)%3B+(3)+persentase+kenaikan+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+dan+(4)+adanya+perbedaan+signifikan+kelas+dengan+pembelajaran+menggunakan+LKPD+berbasis+peer+tutoring+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dibanding+kelas+dengan+pembelajaran+tanpa+menggunakan+LKPD+berbasis+peer+tutoring+dengan+thitung+%3E+ttabel.+&rft.publisher=+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-04-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87868%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87868%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87868%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520IV..pdf&rft.identifier=++RAFIDO+%2C+AZURI++(2025)+PENGARUH+PENGGUNAAN+LKPD+BERBASIS+PEER+TUTORING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+SD+NEGERI+6+METRO+BARAT.+++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87868%2F