%0 Generic %A RAFIDO , AZURI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87868 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/87868/ %X Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) perbedaan penerapan LKPD berbasis peer tutoring di kelas eksperimen dengan kelas non eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 6 Metro Barat dengan sampel kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, total sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan: (1) rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol (2) adanya pengaruh signifikan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan Fhitung > Ftabel, (uji regresi linier sederhana); (3) persentase kenaikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan (4) adanya perbedaan signifikan kelas dengan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dibanding kelas dengan pembelajaran tanpa menggunakan LKPD berbasis peer tutoring dengan thitung > ttabel.