creators_name: Zahra Dika, Ramadhona creators_id: 2113053156 type: other datestamp: 2025-06-02 07:37:17 lastmod: 2025-06-02 07:37:17 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Model dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik memiliki dampak bagi hasil belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Beringin Raya dengan berbagai faktor salah satunya pada penerapan model dan media pembelajaran yang kurang optimal. Tujuan dilaksanakannya penelitian untuk menganalisis pengaruh dan perbedaan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall dan poweroint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Beringin Raya dengan jumlah 60 peserta didik. Sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung= 9,978, sehingga thitung 9,978 > ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak. (2) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung=7,639, sehingga thitung 7,639> ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak. (3) terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall dengan berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung=2,560, sehingga thitung 2,560> ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak. date: 2025-05-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113053156 citation: Zahra Dika, Ramadhona (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87872/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87872/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87872/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf