?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+ANTARA+KOMUNIKASI+INTERPERSONAL+DENGAN%0D%0AREGULASI+EMOSI+SISWA+SMA+NEGERI+1+PRINGSEWU&rft.creator=Restu%2C+Widya+Ningrum&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+yaitu+rendahnya+kemampuan+regulasi+emosi+siswa+di%0D%0Asekolah.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+hubungan+antara+komunikasi%0D%0Ainterpersonal+dengan+regulasi+emosi+siswa+SMA+Negeri+1+Pringsewu.+Metode+yang%0D%0Adigunakan+dalam+penelitian+ini+yaitu+kuantitatif+korelasional.+Populasi%0D%0Apenelitiannya+yaitu+siswa+kelas+X+sebanyak+350+siswa+dengan+jumlah+sampel%0D%0Asebanyak+78+responden+yang+diambil+secara+acak+dengan+menggunakan+teknik%0D%0Asimple+random+sampling.+Teknik+pengumpulan+data+menggunakan+skala+ERQ%0D%0A(Emotion+Regulation+Questionnaire)+dan+ICCS+(Interpersonal+Communication%0D%0ACompetence+Scale)+yang+dikembangkan+oleh+peneliti.+Teknik+analisis+data+yang%0D%0Adigunakan+adalah+korelasi+product+moment.+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan%0D%0Aterdapat+hubungan+positif+antara+komunikasi+interpersonal+dengan+regulasi+emosi.%0D%0ANilai+korelasi+rhitung+0%2C539+%3E+rtabel+0%2C22+dengan+taraf+signifikansi+p+%3D+0%2C000.+maka+Ho%0D%0Aditolak+dan+Ha+diterima.+Berdasarkan+hasil+tersebut+dapat+disimpulkan+bahwa%0D%0Asemakin+tinggi+komunikasi+interpersonal+siswa+maka+semakin+tinggi+pula+regulasi%0D%0Aemosi+siswa+begitupun+sebaliknya+semakin+rendah+komunikasi+interpersonal+siswa%0D%0Amaka+semakin+rendah+regulasi+emosi+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+bimbingan+konseling%2C+komunikasi+interpersonal%2C+regulasi+emosi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-02-28&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87882%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87882%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87882%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PRMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Restu%2C+Widya+Ningrum++(2025)+HUBUNGAN+ANTARA+KOMUNIKASI+INTERPERSONAL+DENGAN+REGULASI+EMOSI+SISWA+SMA+NEGERI+1+PRINGSEWU.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87882%2F