TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87882 UR - http://digilib.unila.ac.id/87882/ A1 - Restu, Widya Ningrum Y1 - 2025/02/28/ N2 - Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan regulasi emosi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi siswa SMA Negeri 1 Pringsewu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Populasi penelitiannya yaitu siswa kelas X sebanyak 350 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala ERQ (Emotion Regulation Questionnaire) dan ICCS (Interpersonal Communication Competence Scale) yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi. Nilai korelasi rhitung 0,539 > rtabel 0,22 dengan taraf signifikansi p = 0,000. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa maka semakin tinggi pula regulasi emosi siswa begitupun sebaliknya semakin rendah komunikasi interpersonal siswa maka semakin rendah regulasi emosi siswa. Kata kunci : bimbingan konseling, komunikasi interpersonal, regulasi emosi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN REGULASI EMOSI SISWA SMA NEGERI 1 PRINGSEWU AV - restricted ER -