%0 Generic %A TRIA PUJI, ASTUTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87884 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ILOKUSI KOMISIF DALAM IKLAN TRAVELOKA DI YOUTUBE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP %U http://digilib.unila.ac.id/87884/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah ilokusi komisif dalam iklan Traveloka di YouTube dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan fungsi komunikasi ilokusi komisif dalam iklan Traveloka di YouTube berdasarkan kelangsungan dan keliteralan tuturan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa iklan Traveloka di YouTube. Data dalam penelitian ini berupa tuturan ilokusi komisif yang dituturkan oleh pelaku pada iklan Traveloka di YouTube. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik nontes, yaitu observasi nonpartisipasi dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data ilokusi komisif dalam iklan Traveloka di YouTube. Peneliti mengamati iklan yang tersedia di YouTube tanpa terlibat langsung dalam peristiwa tutur. Data dicatat menggunakan catatan lapangan deskriptif dan reflektif. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ilokusi komisif dalam iklan Traveloka di YouTube saluran Traveloka Indonesia yang terdiri atas fungsi komunikasi menjanjikan, menawarkan, dan berkaul. Ditinjau berdasarkan kelangsungan dan keliteralan tuturannya, terdapat ilokusi komisif yang disampaikan secara langsung literal, tidak langsung literal, dan tidak langsung tidak literal. Fungsi komunikasi yang mendominasi adalah menawarkan, diikuti oleh menjanjikan, sementara yang paling jarang ditemukan adalah berkaul. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran elemen kompetensi membaca dan memirsa Fase D kelas VIII pada buku Bahasa Indonesia. Tujuan pembelajaran menyimpulkan pesan dalam iklan komersial. Hasil penelitian dituangkan dalam bentuk contoh bahan ajar melalui penyusunan catatan reflektif yang memuat tuturan ilokusi komisif tawaran, janji, dan berkaul sebagai dasar analisis dan diskusi peserta didik dalam menyimpulkan pesan iklan.