%0 Generic %9 Other %A FEBRIANA ANDITA PRADANA, 1113022016 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:8790 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH %U http://digilib.unila.ac.id/8790/ %X ABSTRAK Penilaian proyek merupakan salah satu model penilaian dalam Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, penilaian proyek memiliki kendala, yaitu belum tersedianya acuan atau rubrik yang tepat untuk melakukan penilaian proyek. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan pengembangan perangkat penilaian proyek pada pembelajaran IPA terpadu melalui scientific approach. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa perangkat penilaian proyek, serta untuk mengetahui kesesuaian, kemudahan dan kemanfaatan produk perangkat penilaian pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach. Pengembangan perangkat penilaian proyek diawali dengan analisis kebutuhan. Pada tahap analisis kebutuhan dapat diketahui potensi dan masalah yang terdapat di lapangan. Setelah melakukan analisis kebutuhan, langkah selanjutnya membuat desain awal produk yang kemudian desain tersebut diberikan kepada ahli untuk dilakukan validasi. Setelah desain awal produk divalidasi, kemudian direvisi sesuai saran dan masukan dari ahli. Uji lapangan dilakukan kepada 14 guru IPA terpadu di SMP Negeri 1 Bandarlampung, SMP Negeri 23 Bandarlampung dan MTs Negeri 2 Bandarlampung. Hasil uji produk menunjukkan bahwa perangkat penilaian proyek pada pembelajaran IPA terpadu telah sesuai dengan scientific approach serta memiliki nilai kesesuaian dengan skor 3,06 (sesuai), kemudahan dengan skor 2,97 (mudah dalam penggunaan) dan kemanfaatan dengan skor 3,16 (bermanfaat). Kata kunci: penilaian proyek, scientific approach, pembelajaran IPA Terpadu