creators_name: NIKEN , MAULIDYA creators_id: 2113053060 type: other datestamp: 2025-06-02 08:20:09 lastmod: 2025-06-02 08:20:09 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 WAY KANDIS ispublished: pub subjects: 372 subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak bahasa Indonesia peserta didik di kelas V SD Negeri 1 Way Kandis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design dengan populasi berjumlah 82 peserta didik dan sampel sebanyak 55 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Hasil analisis data pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikansi penggunaan model Problem based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menyimak bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Way Kandis. Kata kunci : audio visual, keterampilan menyimak, problem based learning. date: 2025-04-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NIKEN , MAULIDYA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 WAY KANDIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87906/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87906/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87906/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf