TY - GEN CY - Univeritas Lampung ID - eprints87908 UR - http://digilib.unila.ac.id/87908/ A1 - AMALIA AGUSTINA, PUTRI Y1 - 2025/05/09/ N2 - Perkembangan belanja online telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di setiap tahunnya. Saat ini platform media sosial yang populer dan sering digunakan oleh para pengguna adalah TikTok. TikTok tidak hanya menawarkan konten video pendek yang menghibur dan kreatif, tetapi juga mengintegrasikan proses pembelian dalam satu aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content creator dan online customer review terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 di TikTok Shop. Penelitian ini berlandaskan teori pemasaran dan perilaku konsumen dengan menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan perhitungan rumus cochran mendapatkan hasil 385 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner kepada konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop melalui media sosial, yang kemudian dianalisis menggunakan program SPSS versi 27. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial content creator dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop. Kemudian secara simultan content creator dan online customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop. Kata Kunci: Content Creator, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, TikTok Shop. PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - PENGARUH CONTENT CREATOR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN WAJAH DI TIKTOK SHOP (SURVEI PADA KONSUMEN SKIN1004) AV - restricted ER -