title: PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR creator: BARATA, JAGUARDO SITANGGANG subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen berbantuan media realia terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen berbantuan media realia terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar IPAS, media realia, metode eksperimen. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-03-25 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87916/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87916/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87916/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: BARATA, JAGUARDO SITANGGANG (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87916/