creators_name: BARATA, JAGUARDO SITANGGANG creators_id: 2013053138 type: other datestamp: 2025-06-03 02:59:33 lastmod: 2025-06-03 02:59:33 metadata_visibility: show title: PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen berbantuan media realia terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen berbantuan media realia terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar IPAS, media realia, metode eksperimen. date: 2025-03-25 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: BARATA, JAGUARDO SITANGGANG (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87916/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87916/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87916/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf