creators_name: FRANSISKA, PANGESTUTI creators_id: 2323012008 type: thesis datestamp: 2025-06-03 03:13:16 lastmod: 2025-06-03 03:13:16 metadata_visibility: show title: KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF ispublished: pub subjects: 100 subjects: 371 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik telling, selling, participating, dan delegating dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan fenomenologis. Tipe penelitian menggunakan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas. Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah sebagai informan kunci, guru pendamping khusus, staf yayasan, staf tata usaha, dan orang tua murid sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik telling, selling, participating dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif telah dilaksanakan dengan baik di SD X Bandar Lampung. Indikator-indikator yang mendukung praktik telling yaitu pemberian tugas secara rinci, mengawasi pelaksanaan tugas, memberikan bimbingan, menetapkan standar kerja, dan membantu menemukan solusi. Indikator-indikator yang mendukung praktik selling yaitu memberikan pengarahan, terbuka akan konsultasi, memenuhi kebutuhan bawahan, interaksi secara langsung, dan pemantauan pelaksanaan tugas. Indikator-indikator yang mendukung praktik participating yaitu terbuka akan ide/pendapat, memberikan motivasi, musyawarah, transparan, dan memberi penghargaan. Indikator-indikator yang mendukung praktik delegating yaitu memberikan tanggung jawab pribadi, kepercayaan pengelolaan tugas, pengambilan keputusan, dan mendukung pengembangan kompetensi. Benang merah yang dapat ditarik antara kepemimpinan situasional dan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif adalah adanya kebutuhan untuk adaptabilitas dan responsif terhadap situasi yang beragam. Melalui empat dimensi kepemimpinan situasional dan menerapkan budaya inklusif, kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan positif bagi siswa di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan situasional, pendidikan inklusif. date: 2025-04-26 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP Prodi S2 Magister Administrasi Pendidikan thesis_type: masters citation: FRANSISKA, PANGESTUTI (2025) KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87917/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87917/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87917/3/TESIS%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf