%0 Generic %9 Other %A Lintang Ajeng Astrini, 1113032035 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:8792 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM DISKUSI KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/8792/ %X Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mendeskripsikan hubungan kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terbukti kuat pada koefisien kontingensi C = 0,62 dan kontingensi maksimum = 0,81. Bedasarkan perhitungan tersebut maka tingkat keeratan hubungan dengan €KAT = 0,76 berada pada kategori kuat. Artinya, terdapat hubungan yang sangat kuat pada kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. . Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Kemampuan Guru, Mengelola Kelas, Motivasi Belajar.