%A Hanifah Lulu Khaira %T HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJAS SAAT PANDEMI DAN PASCA PANDEMI DI SMP SWADHIPA NATAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas secara dalam jaringan (Daring) saat pandemi dan pasca pandemi SMP Swadhipa Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode product moment pearson. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Swadhipa Natar berjumlah 30 siswa. Teknik pengukuran dukungan orang tua dan motivasi belajar siswa menggunakan skala dukungan orang tua dan skala motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan korelasi product moment pearson. Karna bertujuan menguji hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas dukungan orangtua dan variabel terikat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar berkorelasi. Tingkat koefisien korelasi rxy=0,702 untuk masa pandemi dan 0,749 untuk pasca pandemi > r(0,05)(28) = 0,374. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang positif dengan dukungan orangtua. Kata Kunci: dukungan orang tua, motivasi belajar %C UNIVERSITA LAMPUNG %D 2024 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints87949