%0 Generic %A ANGGUN, DESTIANA SAFITRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87952 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/87952/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuhi pengaruh model pembelajaran tipe think talk write pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Popolasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat dengan jumlah 66 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang peserta didik. Data diperoleh melalui tes, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 10,717 > 4,16 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran tipe think talk write pada mata pelajaran pendidikan pancasila untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat.