creators_name: Ummul Nanda, Ridhotun creators_id: 2113053153 type: other datestamp: 2025-06-03 04:48:19 lastmod: 2025-06-03 04:48:19 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 400 subjects: 407 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 2 Sumur. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh dari penggunaan media audiobook terhadap keterampilan menyimak peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi kelas V SDN 2 Sumur berjumlah 49 dan sampel yang akan digunakan pada penelitian ini adalah kelas V A dan V B yang berjumlah 49 peserta didik. Penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan menggunakan tes dan non tes. Pengujian hipotesis melalui uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,0001 < 0,05, maka date: 2025-05-07 date_type: published publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: Ummul Nanda, Ridhotun (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87955/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87955/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87955/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf