TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87965 UR - http://digilib.unila.ac.id/87965/ A1 - WINA, KEMALA SARI Y1 - 2025/05/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan instrumen Assessment for Learning (AfL) pada Project Based Learning (PjBL) untuk memetakan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik pada tiga SMA dengan status berbeda di Kecamatan Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pemetaan kemampuan melalui soal uraian untuk kemampuan berpikir kreatif, serta instrumen self assessment dan peer assessment berbasis rubrik untuk kemampuan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AfL bervariasi antar sekolah. SMA Swasta Keagamaan menunjukkan tingkat implementasi AfL dan capaian kemampuan peserta didik yang paling tinggi, baik dalam aspek berpikir kreatif maupun kolaboratif. Hal ini didukung oleh karakteristik peserta didik yang disiplin dan terbiasa dengan pembelajaran berbasis nilai religius dan tanggung jawab kolektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya konsistensi pelaksanaan AfL dan peran lingkungan sekolah dalam membentuk keterampilan abad ke-21. Kata Kunci: Assessment for Learning, Berpikir kreatif, Kolaboratif, Pemetaan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif, Project Based Learnin PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - IMPELEMENTASI INSTRUMENASSESSMENT FOR LEARNING(AFL) PADA PROJECT BASED LEARNING(PJBL)UNTUK MEMETAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN NATAR AV - restricted ER -