?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0APEMANFAATAN+SUMBER+BELAJAR+E-BOOK+PADA+MATA%0D%0APELAJARAN+SEJARAH+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+SISWA+DI%0D%0A(STUDI+KASUS+SMAN+1+TERUSAN+NUNYAI)%0D%0A+&rft.creator=LIDIA+%2C+MILLINIA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=900+Sejarah+dan+Geografi&rft.description=+%0D%0APenelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+motivasi+belajar+peserta+didik%0D%0Adalam+mata+pelajaran+Sejarah+di+SMAN+1+Terusan+Nunyai.+Di+era+digital+saat+ini%2C%0D%0Aberbagai+inovasi+teknologi+telah+banyak+diterapkan+di+dunia+pendidikan%2C+salah%0D%0Asatunya+adalah+Pemanfaatan+Sumber+Belajar+E-Book+sebagai+media+pembelajaran.+Ebook%0D%0Adianggap%0D%0Amampu%0D%0Amenyajikan%0D%0Amateri%0D%0Apelajaran%0D%0Asecara%0D%0Alebih%0D%0Amenarik%2C%0D%0Afleksibel%2C%0D%0A%0D%0Adan%0D%0A%0D%0Ainteraktif%2C+sehingga+diharapkan+dapat+meningkatkan+motivasi+belajar+siswa.%0D%0ABerdasarkan+hasil+observasi+awal%2C+diketahui+bahwa+motivasi+belajar+siswa+dalam%0D%0Apelajaran+Sejarah+masih+tergolong+rendah%2C+sehingga+penelitian+ini+dilakukan+untuk%0D%0Amengetahui+bagaimana+Pemanfaatan+Sumber+Belajar+E-Book+berpengaruh+terhadap%0D%0Amotivasi+belajar+peserta+didik.%0D%0AMetode+penelitian+yang+digunakan+adalah+metode+deskriptif+kualitatif.+Subjek%0D%0Apenelitian+terdiri+dari+tiga+guru+Sejarah+kelas+X%2C+XI%2C+dan+XII%2C+serta+33+peserta+didik%0D%0Akelas+X.3.+Pengumpulan+data+dilakukan+melalui+wawancara%2C+angket%2C+observasi%2C+dan%0D%0Adokumentasi.+Data+dianalisis+secara+deskriptif+dengan+tahapan+reduksi+data%2C%0D%0Apenyajian+data%2C+dan+penarikan+kesimpulan.+%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+Pemanfaatan+Sumber+Belajar+E-Book%0D%0Amemiliki+pengaruh+positif+terhadap+motivasi+belajar+siswa.+Berdasarkan+hasil+angket%2C%0D%0Asebagian+besar+peserta+didik+menunjukkan+respons+baik+terhadap+pembelajaran%0D%0Aberbasis+e-book.+Guru+juga+mengakui+bahwa+penggunaan+e-book+membantu%0D%0Apenyampaian+materi+menjadi+lebih+variatif+dan+mudah+dipahami.+Kendala+yang%0D%0Adihadapi+meliputi+keterbatasan+perangkat%2C+akses+internet%2C+dan+kurangnya+partisipasi%0D%0Aaktif+siswa.+Meskipun+demikian%2C+guru+telah+melakukan+berbagai+upaya+untuk%0D%0Amengatasi+kendala+tersebut.+Kesimpulan+dari+penelitian+ini+adalah+bahwa%0D%0APemanfaatan+Sumber+Belajar+E-Book+dapat+meningkatkan+motivasi+belajar+peserta%0D%0Adidik%2C+dan+layak+dikembangkan+lebih+lanjut+sebagai+media+pembelajaran+Sejarah+di%0D%0Asekolah.+%0D%0AKata+Kunci+%3A+E-Book%2C+Sejarah%2C+Motivasi+Belajar%2C+Pembelajaran+Digital%2C+SMAN+1%0D%0ATerusan+Nunyai+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87969%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87969%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87969%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++LIDIA+%2C+MILLINIA++(2025)++PEMANFAATAN+SUMBER+BELAJAR+E-BOOK+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+SISWA+DI+(STUDI+KASUS+SMAN+1+TERUSAN+NUNYAI).++FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87969%2F