<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n "^^ . " \r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik\r\ndalam mata pelajaran Sejarah di SMAN 1 Terusan Nunyai. Di era digital saat ini,\r\nberbagai inovasi teknologi telah banyak diterapkan di dunia pendidikan, salah\r\nsatunya adalah Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book sebagai media pembelajaran. Ebook\r\ndianggap\r\nmampu\r\nmenyajikan\r\nmateri\r\npelajaran\r\nsecara\r\nlebih\r\nmenarik,\r\nfleksibel,\r\n\r\ndan\r\n\r\ninteraktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.\r\nBerdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam\r\npelajaran Sejarah masih tergolong rendah, sehingga penelitian ini dilakukan untuk\r\nmengetahui bagaimana Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book berpengaruh terhadap\r\nmotivasi belajar peserta didik.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek\r\npenelitian terdiri dari tiga guru Sejarah kelas X, XI, dan XII, serta 33 peserta didik\r\nkelas X.3. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, dan\r\ndokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data,\r\npenyajian data, dan penarikan kesimpulan. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book\r\nmemiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket,\r\nsebagian besar peserta didik menunjukkan respons baik terhadap pembelajaran\r\nberbasis e-book. Guru juga mengakui bahwa penggunaan e-book membantu\r\npenyampaian materi menjadi lebih variatif dan mudah dipahami. Kendala yang\r\ndihadapi meliputi keterbatasan perangkat, akses internet, dan kurangnya partisipasi\r\naktif siswa. Meskipun demikian, guru telah melakukan berbagai upaya untuk\r\nmengatasi kendala tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa\r\nPemanfaatan Sumber Belajar E-Book dapat meningkatkan motivasi belajar peserta\r\ndidik, dan layak dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran Sejarah di\r\nsekolah. \r\nKata Kunci : E-Book, Sejarah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Digital, SMAN 1\r\nTerusan Nunyai "^^ . "2025-05-19" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "MILLINIA"^^ . "LIDIA "^^ . "MILLINIA LIDIA "^^ . . . . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (File PDF)"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA\r\nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI\r\n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #87969 \n\n \nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA \nPELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI \n(STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI) \n \n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "900 Sejarah dan Geografi" . .