TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87969 UR - http://digilib.unila.ac.id/87969/ A1 - LIDIA , MILLINIA Y1 - 2025/05/19/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah di SMAN 1 Terusan Nunyai. Di era digital saat ini, berbagai inovasi teknologi telah banyak diterapkan di dunia pendidikan, salah satunya adalah Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book sebagai media pembelajaran. Ebook dianggap mampu menyajikan materi pelajaran secara lebih menarik, fleksibel, dan interaktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam pelajaran Sejarah masih tergolong rendah, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru Sejarah kelas X, XI, dan XII, serta 33 peserta didik kelas X.3. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar peserta didik menunjukkan respons baik terhadap pembelajaran berbasis e-book. Guru juga mengakui bahwa penggunaan e-book membantu penyampaian materi menjadi lebih variatif dan mudah dipahami. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat, akses internet, dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Meskipun demikian, guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan layak dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran Sejarah di sekolah. Kata Kunci : E-Book, Sejarah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Digital, SMAN 1 Terusan Nunyai PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI (STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI) AV - restricted ER -