creators_name: BERLYANA, AMANDA creators_id: 2113053100 type: other datestamp: 2025-06-04 02:30:59 lastmod: 2025-06-04 02:30:59 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini yaitu tentang rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental design bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV, sampel hanya diambil kelas IV A yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik analisi data menggunakan uji paired t-tes. Hasil penelitian adalah terdapat efektivitas pada penerapan media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPAS Sekolah Dasar dengan nilai sig (2 tailed ) yaitu 0.000 < 0.05. Kata Kunci : berpikir kritis, flipbook, IPAS date: 2025-05-19 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: BERLYANA, AMANDA (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88003/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88003/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88003/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf