%A LARAS PRAMUDITA INGE %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA %X Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih topik, untuk memecahkan masalah dan memberikan kesempatan bekerja dalam waktu tertentu, untuk menghasilkan produk. Melalui tugas proyek dalam PBP dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, akan tetapi PBP belum banyak diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah industri tepung tapioka dan gula dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan weak experiment dengan desain yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI 6 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji statistik parametrik uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian ini diperoleh perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes dengan rata-rata nilai pretes dan n-gain rata-rata keterampilan berpikir kritis yang diperoleh sebesar 0,76 berkategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa sebesar 83,5% berkategori sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84% berkategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, limbah industri tepung tapioka, limbah industri gula, pembelajaran berbasis proyek %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88061