creators_name: Emerson Suta , Wijaya creators_id: 2114231011 type: other datestamp: 2025-06-05 02:34:15 lastmod: 2025-06-05 02:34:15 metadata_visibility: show title: STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK ANJOSIA (Studi Kasus di Anjosia Coffee, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung) ispublished: pub subjects: 630 full_text_status: restricted abstract: Anjosia Coffee merupakan UMKM yang bergerak di industri pengolahan kopi, yang berlokasi di Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Anjosia Coffee pada saat ini menghadapi tantangan yaitu harga bahan baku biji kopi yang sangat tinggi serta tantangan pemasaran seperti penjualan yang tidak stabil dan promosi yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, serta merumuskan strategi pemasaran kopi bubuk Anjosia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis IFAS, EFAS, SWOT, Grand Strategy, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS, masing masing analisis medapatkan nilai yaitu 1,56 dan 1,65 sehingga dapat diketahui posisi dalam analisis berada pada kuadran I. Strategi yang harus diterapkan dalam posisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) dan menghasilkan 6 alternatif strategi pemasaran. Hasil Analisis QSPM didapatkan prioritas strategi pemasaran kopi bubuk Anjosia yaitu membuat website untuk memungkinkan pelanggan memesan produk dan mendapatkan informasi produk secara mudah dengan nilai TAS sebesar 14,30. Kata kunci : Anjosia Coffee, strategi pemasaran, kopi bubuk, SWOT, QSPM Anjosia Coffee is a micro, small, and medium enterprise (MSME) engaged in the coffee processing industry, located in Kemiling District, Bandar Lampung City. At that time, Anjosia Coffee faced several challenges, including the high cost of raw coffee beans and marketing obstacles such as unstable sales and suboptimal promotion. The purpose of this study was to identify internal and external factors and to formulate marketing strategies for Anjosia’s ground coffee product. This research used a descriptive method. The data were analyzed using IFAS, EFAS, SWOT, Grand Strategy Matrix, and QSPM analysis. Based on the results of IFAS and EFAS analysis, scores of 1.56 and 1.65 were obtained, respectively. These scores placed Anjosia Coffee in Quadrant I of the Grand Strategy Matrix. The appropriate strategy in this position supported an aggressive growth-oriented strategy and generated six alternative marketing strategies. The result of the QSPM analysis showed that the highest priority marketing strategy for Anjosia’s ground coffee was developing a website to allow customers to place orders and easily access product information, with a Total Attractiveness Score (TAS) of 14.30. Kata kunci : Anjosia Coffee, marketing strategy, ground coffee, SWOT, QSPM date: 2025-05-07 date_type: published publisher: FAKULTAS PERTANIAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2114231011 citation: Emerson Suta , Wijaya (2025) STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK ANJOSIA (Studi Kasus di Anjosia Coffee, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88063/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88063/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88063/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf