TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88064 UR - http://digilib.unila.ac.id/88064/ A1 - Desti , Verani Y1 - 2024/08/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi, fasilitas belajar, dan pengawasan orang tua terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi keuangan lembaga SMK Negeri 8 Bandar Lampung dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi keuangan lembaga SMK Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling metode simple random sampling. Analisis pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar determinasi sebesar 0,013 atau 1,3% hal ini berarti variabel hasil belajar dipengaruhi oleh variabel kondisi ekonomi keluarga, fasilitas belajar, pengawasan orang tua dan motivasi belajar sebesar 1,3% dan sisanya sebesar 98,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Kondisi Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar, Pengawasan Orang Tua This study aims to determine the influence of economic conditions, learning facilities, and parental supervision on the learning outcomes of students majoring in financial accounting at SMK Negeri 8 Bandar Lampung with learning motivation as a moderating variable. The study the research method used is descriptive verification with a survey and ex post facto approach. The population in this study were all students majoring in financial accounting at SMK Negeri 8 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. The sample used in this research was 172 students with a sampling technique using probability sampling using the simple random sampling method. Hypothesis testing analysis was partially carried out through the t test and simultaneously carried out through the F test. The results of this research show that the level of determination is 0,013 or 1,3%. This means that the learning outcome variables are influenced by the variables of family economic conditions, learning facilities, parental supervision and motivation. learning amounted to 1,3% and the remaining 98,7% was influenced by other factors. Keywords: Family Economic Conditions, Learning Facilities, Learning results, Learning Motivation, Parental supervision. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KONDISI EKONOMI KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -