<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM"^^ . "Mahasiswa kedokteran sering kali dihadapkan pada materi yang kompleks, volume belajar\r\nyang tinggi dan situasi pembelajaran yang monoton. Hal ini dapat menimbulkan kebosanan\r\ndan kecemasan yang berpotensi berujung pada depresi. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengembangkan aplikasi pembelajaran digital berbasis gamifikasi sebagai media\r\npembelajaran penunjang bagi mahasiswa kedokteran. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi\r\nsolusi inovatif dalam meningkatkan semangat belajar dan mengurangi potensi stress\r\nmahasiswa. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman kotlin dan metode\r\npengembangan perangkat lunak Scrum. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan\r\nSystem Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil penelitian\r\nmenunjukkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran digital berbasis gamifikasi berhasil\r\ndikembangkan selama 17 iterasi sprint atau 17 minggu dengan total 30 backlog untuk\r\npengembangan android dan dua kali pengujian. Pengujian pertama menggunakan metode\r\nSystem Usability Scale (SUS) dengan hasil skor 70,65 dan pengujian kedua menggunakan\r\nmetode User Experience Questionnaire (UEQ) dengan hasil rata rata 1.8 yang termasuk pada\r\nkategori baik.\r\n\r\nKata kunci: Pendidikan Kedoktaran, Pembelajaran Digital, Gamifikasi, Scrum, Android\r\nMedical students are often faced with complex material, a high volume of study, and\r\nmonotonous learning situations. This can lead to boredom and anxiety, which potentially\r\nresults in depression. This study aims to develop a gamification-based digital learning\r\napplication as a supplementary learning medium for medical students. This application is\r\nexpected to be an innovative solution to enhance learning enthusiasm and reduce the potential\r\nfor student stress. The application was developed using the Kotlin programming language and\r\nthe Scrum software development method. The application was tested using the System Usability\r\nScale (SUS) and the User Experience Questionnaire (UEQ). The results of the study showed\r\nthat the development of the gamification-based digital learning application was successfully\r\ncarried out over 17 sprint iterations or 17 weeks with a total of 30 backlogs for Android\r\ndevelopment and two rounds of testing. The first testing used the System Usability Scale (SUS)\r\nmethod, resulting in a score of 70.65, and the second testing used the User Experience\r\nQuestionnaire (UEQ) method, with an average score of 1.8, which falls into the good category.\r\nKeywords: Medical Education, Digital Learning, Gamification, Scrum, Android"^^ . "2024-07-31" . . . . . "TEKNIK"^^ . . . . . . . "Wafa Al Ausath\t"^^ . "Muhammad "^^ . "Wafa Al Ausath\t Muhammad "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (File PDF)"^^ . . . "wafa skripsi abstrak - Muhammad Wafa.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (File PDF)"^^ . . . "full tanpa pembahasan tanpa lampiran-skripsi-wafa-- Muhammad Wafa.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS\r\nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN\r\n\r\nMETODE SCRUM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #88076 \n\nPENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS \nGAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER DENGAN \n \nMETODE SCRUM\n\n" . "text/html" . . . "600 Teknologi (ilmu terapan)" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .