%0 Generic %A SHITA , EL QOLBY %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88119 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/88119/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di UPTD SD Negeri 9 Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran project - based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian ini berjumlah 48 dan sampel yang digunakan yaitu 24 peserta didik kelas VA dan VB, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V UPTD SD Negeri 9 Tegineneng yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (5,32) ≥ Ftabel (4,28) Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, project based learning