?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM-BASED+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+KOLABORASI+PESERTA+DIDIK+KELAS+X%0D%0APADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM+SMA+NEGERI+1+PRINGSEWU&rft.creator=SALSABILLA%2C++MAHARANI&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+PBL+terhadap+keterampilan+berpikir+kritis+dan+kolaborasi++peserta+didik++kelas++X+++pada++materi++perubahan+iklim+SMA+Negeri+1+pringsewu.+Sampel+diperoleh+melalui+teknik+purposive+sampling%2C+terdiri+dari+36+peserta+didik+kelas+kelas+X.E1+(eksperimen)+dan+36+peserta+didik+kelas+X.E2+(kontrol).+Penelitian+ini+menggunakan+desain+pretest-posttest+nonequivalent+control+group.+Data+yang+digunakan+adalah+data+kuantitatif+dari+tes+(keterampilan+berpikir+kritis)+dan+data+kualitatif+dari+lembar+observasi+keterampilan+kolaborasi.+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+model+PBL+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+keterampilan+berpikir+kritis+dan+kolaborasi++peserta+didik%2C+dengan+rata-rata+N-Gain+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C76+termasuk+kategori+tinggi%2C+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+rata-rata+N-Gain+0%2C51+termasuk+kategori+sedang.+Hasil+perhitungan+keterampilan+kolaborasi+kelas+eksperimen+mendapatkan+rata-rata+89%2C24+dengan+kategori+sangat+baik%2C+hasil+ini+memiliki+peningkatan+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+sebesar+83%2C69.+Uji+pengaruh+(Effect+size)+untuk+mengetahui+seberapa+besar+efek+yang+terjadi+dalam+sebuah+penelitian%2C+menunjukkan+nilai+0%2C847+(berpikir+kritis)+dengan+interpretasi+pengaruh+bernilai+besar.+Dengan+demikian%2C+model+PBL+berpengaruh+signifikan+tehadap+keterampilan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim.%0D%0AKata+kunci%3A+Problem-Based+Learning%2C+Berpikir+Kritis%2C++Kolaborasi%2C+Perubahan+Iklim&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88127%2F1%2FABSTRAK_SALSABILLA%2520MAHARANI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88127%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN_SALSABILLA%2520MAHARANI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88127%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%25204%2520%2526%2520LAMPIRAN_SALSABILLA%2520MAHARANI_.pdf&rft.identifier=++SALSABILLA%2C+MAHARANI++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM-BASED+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+KOLABORASI+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM+SMA+NEGERI+1+PRINGSEWU.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88127%2F