creators_name: SALSABILLA, MAHARANI creators_id: 2113024004 type: other datestamp: 2025-06-05 08:10:12 lastmod: 2025-06-05 08:10:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 1 PRINGSEWU ispublished: pub subjects: 507 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik kelas X pada materi perubahan iklim SMA Negeri 1 pringsewu. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling, terdiri dari 36 peserta didik kelas kelas X.E1 (eksperimen) dan 36 peserta didik kelas X.E2 (kontrol). Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari tes (keterampilan berpikir kritis) dan data kualitatif dari lembar observasi keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 termasuk kategori tinggi, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,51 termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 89,24 dengan kategori sangat baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 83,69. Uji pengaruh (Effect size) untuk mengetahui seberapa besar efek yang terjadi dalam sebuah penelitian, menunjukkan nilai 0,847 (berpikir kritis) dengan interpretasi pengaruh bernilai besar. Dengan demikian, model PBL berpengaruh signifikan tehadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, Perubahan Iklim date: 2025-05-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113024004 citation: SALSABILLA, MAHARANI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88127/1/ABSTRAK_SALSABILLA%20MAHARANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88127/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN_SALSABILLA%20MAHARANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88127/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%204%20%26%20LAMPIRAN_SALSABILLA%20MAHARANI_.pdf