%A OKTARINA AYU %T PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUATIONAL, SUPERVISI AKADEMIK, DAN ACADEMIC LEADERSHIP TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SD NEGERI DI KABUPATEN TANGGAMUS %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan situational kepala sekolah, supervisi akademik dan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran SD Negeri di Kabupaten Tanggamus secara simultan terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto, dengan mengambil sampel 350 guru SD Negeri di Kabupaten Tanggamus. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat regresi yaitu uji normalitas, heterokedastisitas, multikolinieritas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan situational kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan situational, supervisi akademik dan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran. Kata Kunci: academic leadership, kepemimpinan situational, kualitas pembelajaran, supervisi akademik %D 2025 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints88129