%0 Generic %A NANDITA, YOSI ERISCA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88139 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/88139/ %X Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 09 Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah pre experimental design dengan Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik penentuan sampel di mana semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas penerapan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 09 Tegineneng tahun ajaran 2024/2025. Hasil nilai N-gain dengan kategori sedang, dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan nilai N-Gain yang, artinya dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem-based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV. Kata kunci: berpikir kritis, efektivitas, e-modul.