?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PROBLEM-BASEDLEARNING+DENGAN+STRATEGI%0D%0AKOLABORATIF+BERBANTUAN+PUZZLE+TERHADAP+KEMAMPUAN%0D%0ABERPIKIR+KRITIS+PADA+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA%0D%0AKELAS+IV&rft.creator=KHUSNUL%2C+RAMDHANI+RIANATA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Masalah+pada+penelitian+ini+adalah+rendahnya+kemaampuan+berpikir+kritis+pada%0D%0Apembelajaran+matematika+peserta+didik+kelas+IV+SDN+3+Kresnomulyo.+Penelitian%0D%0Aini+bertujuan+untuk+menganalisis+(1)+pengaruh+problem+based+learning+dengan%0D%0Astrategi+kolaboratif+berbantuan+puzzle+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+pada%0D%0Apembelajaran+matematika+kelas+IV%2C+(2)+pengaruh+problem+based+learning+dengan%0D%0Amedia+video+pembelajaran+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+pada+pembelajaran%0D%0Amatematika+kelas+IV%2C+(3)+perbedaan+pengaruh+problem+based+learning+dengan%0D%0Astrategi+kolaboratif+berbantuan+puzzle+dan+pengaruh+problem+based+learning+dengan%0D%0Amedia+video+pembelajaran+terhadap+kemaampuan+berpikir+kritis+pada+pembelajaran%0D%0Amatematika+kelas+IV.+Metode+penelitian+ini+adalah+quasi+experimental+design%0D%0Adengan+populasi+berjumlah+50+peserta+didik+dan+sampel+sebanyak+50+peserta+didik.%0D%0APenentuan+sampel+menggunakan+teknik+sampling+jenuh.+Pengujian+hipotesis%0D%0Amenggunakan+regresi+linear+sederhana+dan+uji+t.+Hasil+penelitian+menunjukkan+1)%0D%0ABahwa+nilai+Fhitung+yaitu+64%2C23+%3E+Ftabel+4%2C28+sehingga+terdapat+pengaruh+model%0D%0Aproblem+based+learning+dengan+strategi+kolaboratif+berbantuan+puzzle+terhadap%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+pada+pembelajaran+matematika+kelas+IV%2C+(2)+Hasil+nilai%0D%0AFhitung+yaitu+42%2C16+%3E+Ftabel+4%2C28+sehingga+terdapat+pengaruh+model+problem+based%0D%0Alearning+dengan+media+video+pembelajaran+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis%0D%0Apada+pembelajaran+matematika+kelas+IV%2C+(3)+Nilai+thitung+yaitu+2%2C995+%3E+ttabel+2%2C011%0D%0Aartinya+dapat+disimpulkan+bahwa+model+problem+based+learning+dengan+strategi%0D%0Akolaboratif+lebih+berpengaruh+dibandingkan+dengan+model+problem+based+learning%0D%0Amenggunakan+video+pembelajaran+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta%0D%0Adidik.%0D%0AKata+kunci%3A+berpikir+kritis%2C+problem+based+learning%2C+puzzle+strategi+kolaboratif&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88142%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88142%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88142%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++KHUSNUL%2C+RAMDHANI+RIANATA++(2025)+PENGARUH+PROBLEM-BASEDLEARNING+DENGAN+STRATEGI+KOLABORATIF+BERBANTUAN+PUZZLE+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PADA+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+KELAS+IV.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88142%2F