title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR creator: ADELBERTUS , GADING ANANTA PUTRA subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Bandar Jaya dengan sampel kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan signifikan penggunaan model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model PBL, dengan thitung > ttabel, yaitu 2,837 > 2,086. (uji-t posttest). Implikasi dari penelitian ini adalah model discovery learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: kemampuan literasi sains, model discovery learning, sekolah dasar publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-03-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88157/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88157/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88157/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ADELBERTUS , GADING ANANTA PUTRA (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88157/