TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88157 UR - http://digilib.unila.ac.id/88157/ A1 - ADELBERTUS , GADING ANANTA PUTRA Y1 - 2025/03/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Bandar Jaya dengan sampel kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan signifikan penggunaan model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model PBL, dengan thitung > ttabel, yaitu 2,837 > 2,086. (uji-t posttest). Implikasi dari penelitian ini adalah model discovery learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: kemampuan literasi sains, model discovery learning, sekolah dasar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -