TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88169 UR - http://digilib.unila.ac.id/88169/ A1 - TIARA, BRILLIANT PEAR Y1 - 2025/05/19/ N2 - Masalah pada penelitian ini ialah bagaimanakah nilai-nilai karakter dalam teks-teks yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka dan keterkaitannya dengan rumusan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter dan keterkaitannya dengan rumusan Profil Pelajar Pancasila dalam teks yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah teknik baca dan catat. Sumber data penelitian ini ialah buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Data pada penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam teks pada buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbud dan keterkaitannya dengan rumusan Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai pendidikan karakter, nilai religius, toleransi, demokrasi, tanggung jawab, komunikasi, kreatif, kerja keras, peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, jujur, cinta damai, rasa ingin tahu, dan menghargai prestasi. Nilai pendidikan karakter yang dominan dalam teks pada buku teks ini ialah nilai komunikasi. Selanjutnya, nilai pendidikan karakter pada teks di dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII dikaitkan dengan rumusan Profil Pelajar Pancasila. Kata kunci: nilai karakter, buku teks, bahasa Indonesia, profil pelajar pancasila PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA DAN KETERKAITANNYA DENGAN RUMUSAN PROFIL PELAJAR PANCASILA AV - restricted ER -