creators_name: Khalishia , Nadila Hidayat creators_id: 2016031044 type: other datestamp: 2025-06-10 06:49:30 lastmod: 2025-06-10 06:49:30 metadata_visibility: show title: ANALISIS AKUN INSTAGRAM @bijakmemilih.id SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMILU 2024 BAGI PEMILIH PEMULA ispublished: pub subjects: 300 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akun Instagram @bijakmemilih.id sebagai media edukasi politik bagi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Latar belakang ini didasarkan pada banyaknya pemilih pemula dari Generasi Z yang akrab dengan teknologi digital dan aktif menggunakan media sosial sebagai sumber informasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif noninteraktif dengan metode deskriptif dan teknik analisis isi terhadap gambar dan teks pada unggahan akun @bijakmemilih.id dari tanggal 31 Januari – 14 Februari 2024, yang datanya dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penilaian mengacu pada tiga aspek dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2018, yaitu sosialisasi pemilu, pendidikan pemilih, dan mobilisasi sosial. Hasil menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut telah terpenuhi. Selain itu, digunakan juga konsep pendidikan politik dari Giesecke yang meliputi bildungwissen (pengetahuan pendidikan), orietierungwissen (pengetahuan orientasi), verhaltungwissen (pengetahuan pemahaman), dan aktionwissen (pengetahuan tindakan). Hasil menunjukkan bahwa tiga dari empat konsep sudah dipenuhi, tetapi pada konsep bildungwissen belum terpenuhi karena kurangnya sajian informasi yang dijelaskan oleh konsep ini. Indikator lain adalah Teori Kekayaan Media, menunjukkan pemenuhan aspek ragam isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal, tetapi belum maksimal dalam aspek kesegeraan akibat minimnya umpan balik kepada pengikut. Kata Kunci: edukasi politik, pemilih pemula, Generasi Z, Instagram, Pemilu 2024 date: 2025-05-07 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Khalishia , Nadila Hidayat (2025) ANALISIS AKUN INSTAGRAM @bijakmemilih.id SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMILU 2024 BAGI PEMILIH PEMULA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88210/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88210/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88210/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf