creators_name: Aprilia , Hayusti creators_id: 2113053111 type: other datestamp: 2025-06-10 06:51:39 lastmod: 2025-06-10 06:51:39 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 372 subjects: 400 subjects: 407 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 97 peserta didik dengan sampel sebanyak 50 peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik tes berupa uraian yang berjumlah 12 butir soal dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 2 Gedong Air tahun ajaran 2024/2025. Kata kunci: berpikir kritis, sq3r, bahasa indonesia. date: 2025-03-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113053111 citation: Aprilia , Hayusti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88212/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88212/2/Aprilia%20Hayusti_2113053111_PGSD_Skripsi%20Full..pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88212/3/Aprilia%20Hayusti_2113053111_PGSD_SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf