?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113021007&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+GUIDED+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+PENALARAN+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2024%2F2025)&rft.creator=RENI%2C+AULIANA+AMRI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=373+Pendidikan+menengah%3B+sekolah+tingkat+lanjutan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=510+Matematika&rft.subject=607+Pendidikan%2C+riset%2C+topik+terkait&rft.description=Penelitian+eksperimen+semu+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Guided+Discovery+Learning+(GDL)+terhadap+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.+Populasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2024%2F2025+sebanyak+319+siswa+yang+terdistribusi+ke+dalam+sepuluh+kelas+yaitu+kelas+VIII-A+sampai+VIII-J.+Sampel+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VIII-A+sebanyak+32+siswa+dan+kelas+VIII-B+sebanyak+32+siswa+yang+dipilih+dengan+teknik+purposive+random+sampling.+Penelitian+ini+menggunakan+pretest-posttest+control+group+design+dengan+VIII-B+sebagai+kelas+eksperimen+dan+VIII-A+sebagai+kelas+kontrol.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+melalui+tes+kemampuan+penalaran+matematis.+Berdasarkan+hasil+uji-t+diperoleh+bahwa+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+GDL+lebih+tinggi+dari+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+cooperative+learning.+Dengan+demikian%2C+model+GDL+berpengaruh+terhadap+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.+Kata+kunci%3A+pengaruh%2C+Guided+Discovery+Learning%2C+penalaran+matematis%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88224%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88224%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88224%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RENI%2C+AULIANA+AMRI++(2025)+PENGARUH+MODEL+GUIDED+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+PENALARAN+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2024%2F2025).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88224%2F