%0 Generic %A RENI, AULIANA AMRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88224 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025) %U http://digilib.unila.ac.id/88224/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning (GDL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 319 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas yaitu kelas VIII-A sampai VIII-J. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-B sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model GDL lebih tinggi dari peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model cooperative learning. Dengan demikian, model GDL berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, Guided Discovery Learning, penalaran matematis